01 Desember 2009

PACKING

Bagi  yang sering bepergian, ternyata urusan packing pakaian sangatlah penting. Kalau kita tidak pandai dalam mengatur dan memasukkan barang kedalam koper kita; kita akan kesulitan dalam perjalanan. Barang yang mestinya bisa masuk dalam satu tas; bisa tidak muat dalam dua tas. Bukankah ini sangat merepotkan.

Saya punya seorang teman; yang karena masa kecil dan mudanya tidak pernah jauh dari orang tua; mengalami kesulitan didalam packing pakaian ini; bahkan melipat pakaian kotorpun bingungnya bukan main.

Lain halnya dengan teman satunya lagi. Dia paling jago dalam packing memacking.  Ketika beliau pergi haji; beliau sering dimintai tolong untuk membereskan packing  ini. Dengan jenis dan besar koper yang sama; ditangan beliau ini seakan barang apa saja bisa dimasukkan. Saya perhatikan bagaimana cara beliau packing.  Beliau akan bagi barang dalam beberapa kategori; yaitu barang yang sulit dilipat ( seperti celana jean ) dan pakaian yang mudah dilipat ( seperti kaos ) dan barang yang berukuran kecil atau yang dapat dilipat menjadi kecil.

Yang pertama dimasukkan kedalam koper adalah barang besar yang sulit dilipat; misalnya celana panjang ( apalagi yang berjenis jean ) kemudian baju yang memang tidak boleh dilipat lipat menjadi kecil supaya tidak kusut. Setelah itu mulailah beliau memasukkan barang yang mudah dilipat menjadi agak kecil ( misalnya kaos ). Sampai disini saya lihat koper sudah penuh; sementara barang yang harus dimasukkan masih cukup banyak. Dan yang beliau lakukan adalah menggulung pakaian berbahan kaos menjadi gulungan kecil dan diselipkan di sela sela pakaian yang telah ditata. Hasilnya luar biasa. Ternyata masih muat banyak juga. Terakhir beliau masukkan barang barang kecil, seperti kaos kaki; pakaian dalam; dsb. Barang barang tersebut juga digulung kecil dan diselipkan dipinggir pinggir dinding koper. Setelah semua masuk koper ditutup; dan koper begitu berat dan padat karena semua terisi seakan akan tidak ada rongga lagi.

Sahabat; Tuhan menciptakan waktu 24 jam sehati; 7 hari seminggu; dst. Kita tidak bisa mengurangi atau menambahnya. Seperti koper seragam haji yang kita tidak bisa memperkecil ataupun memperbesarnya. Tugas kita adalah memilah aktifitas kita. Mana yang harus didahulukan masuk dalam agenda kita; mana yang bisa diselipkan diantara agenda agenda yang lainnya. Dan tentu saja agenda besar dan agenda kecil sangat tergantung pada diri kita; pada misi kita, yang sangat mungkin bisa berbeda dengan orang lain. Dan kita tidak berhak untuk menghakiminya.

Semoga menginspirasi ...... ( htl atlit 19.35 wib )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar