25 Agustus 2009

RISIKAH; BANGGAKAH ?

Hari pertama puasa, diberitakan di salah satu surat kabar di Jawa Timur - ada seorang tahanan titipan kejaksaan yang dilantik menjadi anggota DPRD. Berita tersebut dilengkapi dengan foto anggota dewan dan pengawalnya ( tentu dari penegak hukum ).

Kalau dahulu, sebagai anggota dewan, selalu sebutannya adalah anggota dewan yang terhormat. Saya tidak bisa membayangkan bagaimana perasaan anggota dewan tadi saat mendengar disebut yang terhormat ? Risihkah; banggakah, atau biasa saja ? Atau barangkali di Indonesia, sebutan yang terhormat sudah tidak ada maknanya lagi ?

Marilah kita sedikit perhatikan berita berita di TV atau medai lain.

 Ada seorang atau bahkan banyak orang pejabat yang ketika ditetapkan sebagai tersangka, dan di masukkan dalam tahanan, malah melambaikan tangannya kepada wartawan. Banggakah ? Risikah ? atau biasa sajakah ?

Ada seorang atau bahkan banyak orang TOP yang ketika dibebaskan dari penjara karena terbukti korupsi, membunuh atau tindak kejahatan lainnya langsung menggelar koferensi pers. Rupanya masa penyesuaian dan rehabilitasi di masyarakat setelah lama dipenjara sudah tidak diperlukan lagi saat ini. Bahkan ada yang dengan percaya dirinya mau mencalonkan diri sebagai ketua partai besar. Dan anehnya tidak ada reaksi dari masyarakat ataupun kalau ada sangatlah sedikit jumlahnya.

Saya juga tidak habis mengerti; beberapa kali saya menjumpai seorang laki laki muda memakai kaos warna hitam yang dipunggungnya bertuliskan “TAHANAN CIPINANG”. Risihkan ? Banggakah ?

Acara reality show; saat ini banyak disiarkan oleh stasiun TV swasta. Isinya banyak mengekspos “wadi” ( kejelekan/rahasia ) keluarga. Koq ya banyak saja pesertanya “DIUMBAR WADINYA”.

Sahabat, sudah separah itukah moral masyarakat kita ? Sudah begitu permisivekah terhadap hal hal negative ?

Marilah kita renungkan; Kita sebagai wakil Tuhan dimuka bumi ini; apa yang dapat kita lakukan untuk paling tidak mengerem atau mengurangi laju kemerosotan moral seperti ini. 

Semoga menjadi bahan renungan bersama ..... ( Klampis Semolo Barat : 21.35)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar